Take a fresh look at your lifestyle.

AS Tuding Korut Kembangkan Senjata Pemusnah Massal

0 3
AS Tuding Korut Kembangkan Senjata Pemusnah Massal

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Jakarta – Menurut laporan Strategi Keamanan Nasional Amerika Serikat, Korea Utara dinilai sedang mengembangkan kemampuan untuk membunuh jutaan orang Amerika dengan senjata nuklir.

Laporan 68 halaman yang dirilis pada Senin (18/12) tersebut menimbulkan kekhawatiran akan kemajuan pesat teknologi rudal di “negara-negara yang bermusuhn” di seluruh dunia yang bisa menjadi sarana untuk menggunakan senjata nuklir melawan AS.

Dalam lapran tersebut secara langsung menyebutkan Korea Utara 13 kali, sebagai ancaman potensial bagi tanah air AS.

Rudal balistik antarbenua Hwasong-15 Pyongyang yang baru diluncurkan 29 November, menempuh jarak rekor 600 mil dan mencapai ketinggian 2.800 mil di ketinggian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jika roket tersebut ditembak dari sudut standar, para ahli percaya bahwa pesawat itu bisa terbang 8.100 mil, menempatkan Washington DC dalam kisaran sasarannya.

Laporan tersebut mengatakan, rudal semacam itu dapat memasang senjata nuklir, kimia dan biologi yang juga ingin diperoleh orang Korea Utara.

Ini menekankan bahwa respon global diperlukan untuk mengatasi bahaya yang berkembang melihat Korea Utara yang memiliki senjata nuklir dapat menyebabkan berkembangnya senjata pemusnah massal di wilayah Indo-Pasifik dan sekitarnya.

“Kami tetap siap untuk menanggapi dengan kekuatan yang luar biasa terhadap agresi Korea Utara dan akan memperbaiki opsi untuk memaksa dilakukannya denuklirisasi di semenanjung,” kata administrasi AS dilansir UPI.

Salah satu langkah prioritas yang disebutkan adalah penggelaran sistem pertahanan rudal berlapis untuk mempertahankan tanah air melawan kemungkinan serangan rudal dari Korea Utara dan Iran. Ini termasuk kemampuan untuk mencegat ancaman rudal sebelum diluncurkan.

Laporan ini, bagaimanapun, mengatakan pertahanan ditingkatkan tidak dimaksudkan untuk merusak stabilitas strategis Cina dan Rusia, namun kemungkinan berefek pada latihan militer AS di Asia Pasifik dan penyebaran THAAD sistem anti-rudal ke Korea Selatan.

Korea Selatan dan Jepang disorot sebagai sekutu kunci dalam membangun jaringan pertahanan yang kuat di kawasan ini, dan dalam mencapai denuklirisasi lengkap, dapat diverifikasi dan tidak dapat dipulihkan di semenanjung Korea.

Administrasi Trump berjanji untuk mempertahankan kehadiran militer ke depan yang mampu menghalangi dan, jika perlu, mengalahkan musuh manapun.

TAGS : Amerika Korea Utara Trump

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26565/AS-Tuding-Korut-Kembangkan-Senjata-Pemusnah-Massal/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments