Take a fresh look at your lifestyle.

AS Jual Pesawat Tempur Rp8 Triliun ke Nigeria

0 4
AS Jual Pesawat Tempur Rp8 Triliun ke Nigeria

Ilustrasi A-29 Super Tucano (Foto: Fabian Zimmerli)

Abuja  – Pemerintah Ameriak Serikat (AS) menyetujui penjualan 12 pesawat tempur kepada Nigeria. Senjata tersebut akan digunakan untuk berperang melawan organisasi teroris Boko Haram.

Panglima Angkatan Udara Nigeria, Jenderal Sadique Abu Bakar mengatakan, Duta Besar AS untuk Nigeria Stuart Symington telah mengirim surat yang mengonfirmasikan penjualan pesawat tempur buatan AS tersebut.

Abu Bakar menyampaikan, pemerintah AS telah meyetujui penjualan 12 pesawat terbang A-29 Super Tucano kepada Nigeria.

Nigeria mempunyai posisi strategis untuk menjaga keamanan di wilayah Sub-Saharan Africa. Nigeria juga merupakan negara yang bertekad untuk menghancurkan Boko Haram dan ancaman keamanan wilayah lainnya.

Abu Bakar mencatat bahwa total nilai pesawat tempur buatan AS itu sernilai USD593 juta atau Rp8 triliun. Di samping itu, AS juga akan menyediakan segala persenjataan dan pelatihan terkait pesawat tempur tersebut.

Penyerahan pesawat tersebut, menurut Anadolu, akan dilakukan setelah pembayaran dilakukan. Abu Bakar mengatakan, pesawat-pesawat tersebut bisa mereka terima pada akhir Februari 2018.

Sebelumnya, penjualan pesawat itu sempat ditunda oleh pemerintahan Barack Obama, dengan alasan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh tentara Nigeria.

Untuk diketahui, pesawat tempur A-29 Super Tucano telah digunakan di beberapa negara di Afrika, seperti Ghana, Angola, Burkina Faso dan Mauritania.

TAGS : Amerika Serikat Nigeria A-29 Super Tucano

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27039/AS-Jual-Pesawat-Tempur-Rp8-Triliun-ke-Nigeria/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments