Take a fresh look at your lifestyle.

AS Cabut Undangan Latihan Militer untuk China

0 6
AS Cabut Undangan Latihan Militer untuk China

Tentara China (foto: UPI)

Jakarta – Departemen Pertahanan Amerika Serikat mencabut undangan China untuk berpartisipasi dalam latihan maritim internasional karena tindakannya di Laut Cina Selatan.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Christopher Logan mengatakan Departemen Pertahanan telah menarik undangannya ke militer China untuk berpartisipasi dalam Rim bulan Juni dari latihan angkatan laut Pasifik bersama sekitar dua lusin negara lain.



“Militerisasi militer China yang terus-menerus dari fitur yang disengketakan di Laut Cina Selatan hanya berfungsi untuk meningkatkan ketegangan dan mengguncang kawasan itu,” kata Logan dilansir UPI.

China telah diundang ke latihan militer dua tahunan sejak 2014, dan pernyataan itu mengatakan keputusan untuk mencabut undangan China merupakan tanggapan awal terhadap kegiatan Laut Cina Selatan di Beijing.

“Kami memiliki bukti kuat bahwa China telah mengerahkan rudal anti-kapal, sistem rudal permukaan ke udara (SAM), dan jammers elektronik untuk memperebutkan fitur di wilayah Kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan. Pesawat pengebom pendarat China di Woody Island memiliki juga meningkatkan ketegangan, “kata pihak Pentagon.

Dalam pernyataan tersebut juga menambahkan bahwa pihak AS telah menyerukan China untuk mendemilitarisasi pulau-pulau di Laut Cina Selatan, yang diklaim Beijing sebagai wilayah kedaulatan.

“Kami percaya bahwa penyebaran baru-baru ini dan militerisasi lanjutan dari fitur-fitur ini merupakan pelanggaran terhadap janji yang dibuat Presiden Xi kepada Amerika Serikat dan dunia,” lanjutnya.

Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengutuk langkah itu sebagai tidak konstruktif. “Kami berharap AS akan mengubah pola pikir negatif semacam itu,” katanya.

“Cina hanya membangun fasilitas pertahanan sipil dan beberapa yang diperlukan di pulau kita sendiri. Itu adalah hak untuk membela diri dan pelestarian setiap negara berdaulat.”

TAGS : China Amerika Serikat Latihan Militer

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/35028/AS-Cabut-Undangan-Latihan-Militer-untuk-China/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments