Take a fresh look at your lifestyle.

AS Bisa Hentikan Program Rudal Korut dengan Kekuatan

0 6
AS Bisa Hentikan Program Rudal Korut dengan Kekuatan

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley (Foto: Financial Tribune)

Jakarta – Amerika Serikat mengatakan pihaknya siap menggunakan kekuatan jika perlu untuk menghentikan program rudal nuklir Korea Utara. Meski begitu, pihaknya lebih memilih tindakan diplomatik global terhadap Pyongyang karena menentang kekuatan dunia

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley mengatakan dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan UN, bahwa tindakan Korut menutup kemungkinan adanya solusi diplomatik dan AS siap membela diri dan sekutu-sekutunya.

“Salah satu kemampuan kita terletak pada kekuatan militer kita yang besar. Kita akan menggunakannya jika kita harus melakukannya, tapi kami memilih untuk tidak ke arah tersebut,” kata Haley dikutip Reuters pada (5/7)

Mengambil langkah besar dalam program rudalnya, Korut pada Selasa (4/7) menguji rudal balistik antarbenua yang beberapa ahli percaya memiliki jangkauan yang mampu mencapai negara bagian AS di Alaska, Hawaii dan mungkin juga di Pacific Northwest, Amerika Serikat.

Uji coba rudal tersebut merupakan tantangan langsung bagi Presiden AS, Donald Trump yang bersumpah untuk mencegah program nuklir Korut. Ia mendesak China, mitra dagang utama Korut untuk menekan Pyongyang menghentikan program nuklirnya.

Haley mengatakan, AS akan mengajukan sanksi baru terhadap Korut dalam beberapa hari mendatang dan memperingatkan, Washington siap untuk memutus perdagangan dengan negara-negara yang melakukan bisnis dengan Korea Utara yang melanggar resolusi UN

“Sebagian besar beban untuk menegakkan sanksi UN terletak pada China. Kami akan bekerja sama dengan China, bekerja dengan setiap negara yang percaya akan perdamaian,” kata
Haley

Diplomat mengatakan Beijing belum sepenuhnya memberlakukan sanksi internasional terhadap tetangganya dan menolak tindakan lebih keras, seperti embargo minyak, larangan terhadap maskapai penerbangan Korut dan pekerja tamu, dan tindakan terhadap bank-bank China dan perusahaan lain yang melakukan bisnis dengan Korut.

TAGS : Korea Utara Rudal Nuklir PBB Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18410/AS-Bisa-Hentikan-Program-Rudal-Korut-dengan-Kekuatan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments