Take a fresh look at your lifestyle.

Arab Saudi Kucurkan Rp1,3 Triliun untuk Warga Suriah

0 2
Arab Saudi Kucurkan Rp1,3 Triliun untuk Warga Suriah

Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubeir (Foto: AFP)

Jeddah – Pemerintah Arab Saudi mengkucurkan tambahan dana bantuan kemanusiaan USD100 juta  atau sekira Rp1,3 triliun untuk meringankan penderitaan rakyat Suriah. Bantuan itu disalurkan melalui Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman.

Pengumuman paket bantuan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Adel bin Ahmed Al-Jubeir pada konferensi internasional tentang masa depan Suriah dan wilayah tersebut, yang diselenggarakan di ibukota Belgia, Brussels, Rabu (25/4).

Pertemuan itu terjadi setelah dugaan serangan kimia di kota Douma, di Ghouta timur, yang menewaskan puluhan warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

“Dunia sedang menghadapi rezim yang bersekutu dengan milisi teroris yang percaya bahwa menyebarkan kekejaman dan melakukan kejahatan akan membawa kemenangan untuk itu, dan bahwa kejahatan perang membuahkan hasil,” kata Al-Jubeir dikutip dari Arab News, Kamis (26/4).

“Selain membom warga sipil dengan tong-tong eksplosif, kebijakan kelaparan dan pengepungan, pembersihan etnis dan sektarian, serta perubahan demografi  dan kota-kota Suriah, penggunaan senjata kimia telah mengejutkan seluruh dunia,” sambungnya.

Ia mengatakan, satu-satunya solusi yang dapat diterima untuk krisis Suriah adalah resolusi politik yang damai, dan Arab Saudi sudah bekerja mencapai ini sejak krisis dimulai.

Setelah Konferensi Riyadh 1 tahun 2015, Arab Saudi menjadi tuan rumah konferensi 2 di Riyadh untuk oposisi Suriah November 2017, yang berhasil mempersatukan faksi-faksi dan membentuk badan negosiasi untuk mengambil bagian dalam putaran pembicaraan yang diadakan sejak saat itu, mendapatkan pujian dari Persatuan negara-negara.

Menteri luar negeri juga menegaskan kembali dukungan negaranya atas upaya utusan sekretaris jenderal PBB, Stephan de Mistura, untuk melanjutkan negosiasi antara semua pihak dalam konflik.

“Kerajaan berharap bahwa perjanjian yang didukung oleh resolusi internasional mengenai gencatan senjata dan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada para penerima manfaatnya akan dilaksanakan di seluruh Suriah, terlepas dari afiliasi etnis, agama, sektarian atau politik mereka, dan menyerukan pembebasan cepat tahanan dan korban penculikan dan mengklarifikasi situasi mereka yang tidak hadir,” kata Al-Jubeir.

Ia menambahkan bahwa krisis kemanusiaan yang memburuk yang mempengaruhi pengungsi di dalam dan di luar Suriah harus menambah urgensi untuk menemukan solusi politik dan melanjutkan proses negosiasi sesegera mungkin.

Sejak perang dimulai, Kerajaan telah mengambil sekitar dua setengah juta warga Suriah dan memperlakukan mereka seperti warganya sendiri, kata Al-Jubeir, memberikan mereka perawatan kesehatan gratis, pekerjaan dan pendidikan.

Universitas dan sekolah Saudi memiliki lebih dari 140.000 mahasiswa Suriah. Ia menambahkan bahwa Arab Saudi juga mendukung dan membantu merawat jutaan pengungsi Suriah di Turki, Yordania dan Lebanon, berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut.

TAGS : Arab Saudi Suriah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33220/Arab-Saudi-Kucurkan-Rp13-Triliun-untuk-Warga-Suriah-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments