Take a fresh look at your lifestyle.

Arab Saudi Eksekusi Mati Empat Orang Diduga "Suruhan" Iran

0 5
Arab Saudi Eksekusi Mati Empat Orang Diduga "Suruhan" Iran

Ilustrasi hukuman gantung.

Riyadh – Pengadilan Saudi menghukum mati empat orang diduga memiliki hubungan dengan musuh bebuyutan Kerajaan, Iran.

Pada Kamis, media pemerintah melaporkan keempatnya bersalah karena diduga melakukan konspirasi untuk membunuh tokoh-tokoh terkemuka di negara Teluk yang didominasi paham Sunni.

“Pengadilan pidana menjatuhkan hukuman mati kepada empat teroris yang memiliki hubungan dengan  Iran,” menurut televisi al-Ekhbariya milik negara.

“Para teroris dilatih di kamp-kamp di Iran dan berencana untuk membunuh tokoh-tokoh terkemuka,” tambahnya.

Menurut media yang berafiliasi dengan pemerintah, empat orang yang dilatih tersebut melakukan perjalanan ke Iran melalui kantor pariwisata dan menerima pelatihan dari Korps Garda Revolusioner Islam Iran.

Saud Arabia memiliki  tingkat eksekusi tertinggi di dunia dengan sekitar 600 orang tewas sejak tahun 2014. Mereka yang hutuk mati di antaranya terkait terorisme hingga pemerkosaan, perampokan bersenjata dan perdagangan narkoba.

Ketegangan melonjak antara Saudi dan Iran pada 2016 setelah Riyadh mengeksekusi mati ulama Syiah, Nimr al-Nimr bersama 46 lainnya karena mendukung “terorisme”.

Kematian Nimr memicu protes di sejumlah negara, termasuk Iran – di mana para demonstran masuk ke kedutaan Saudi dan memulai sebuah kebakaran, yang menyebabkan Riyadh memutuskan hubungan dengan Teheran.

Para pakar Hak Asasi Manusia (HAM) berulang kali menyuarakan keprihatinan tentang keadilan pengadilan di kerajaan, yang diatur di bawah bentuk ketat hukum Islam, meskipun pemerintah Saudi mengklaim itu berfungsi sebagai pencegah.(Arab News)



TAGS : Iran Arab Saudi eksekusi mati

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/35909/Arab-Saudi-Eksekusi-Mati-Empat-Orang-Diduga-Suruhan-Iran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments