Take a fresh look at your lifestyle.

Apakah PPP dan Hanura Konsisten Dukung Jokowi?

0 4
Apakah PPP dan Hanura Konsisten Dukung Jokowi?

Presiden Jokowi

Jakarta – Dari lima Partai politik (Parpol) yang telah mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Jokowi, hanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hanura yang menyodorkan kadernya sebagai calon wakil presiden (Cawapres) untuk mendampingi Presiden Jokowi.

Dimana, PPP mengajukan Romahurmuziy (Romy) dan Partai Hanura mengusung Wiranto sebagai Cawapres untuk mendampingi Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Lalu apakah kedua partai tersebut akan tetap konsisten jika Jokowi tidak menggandeng kedua tokoh tersebut?

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, parpol pengusung koalisi incumbent ada potensi untuk lompat pagar ke koalisi lain jika kader mereka tidak ditarik atau digandeng Jokowi sebagai cawapres.

“Tidak ada koalisi tanpa syarat. Kalau ngga digandeng kader parpol pengusung koalisi tersebut jadi cawapres, ada potensi parpol yang bergabung ke koalisi incumbent pengusung Jokowi banting stir bergabung ke gerbong kutup poros alternatif atau poros Hambalang,” kata Pangi, kepada Jurnas.com, Jumat (9/3).

Sebab, kata Pangi, bisa dipahami nuansa kebatinan parpol ngotot mengajukan kadernya maju sebagai capres dan cawapres. Sebab, seluruh parpol terpaksa mengubah arsitektur strategi politik, karena Pileg dan Pilpres digelar secara serentak.

“Efek Figur kader parpol mendongkrak elektabilitas parpol tersebut, mesin parpol lebih agresif bergerak karena kadernya sebagai capres atau cawapres,” terangnya.

“Sehingga wajar saya pikir semua parpol koalisi tetap mendukung dengan syarat, bohong koalisi tanpa syarat. Minimal mau merapat ke koalisi tersebut dengan syarat, kader parpolnya digandeng jadi capres atau cawapres,” tegasnya.

Diketahui, hingga saat ini baru lima parpol yang baru mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Jokowi di Pilpres 2019, yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, dan Partai Hanura.

Sementara lima partai lainnya belum menentukan Capres yang akan diusung. Adalah, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi PPP Hanura

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/30274/Apakah-PPP-dan-Hanura-Konsisten-Dukung-Jokowi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments