Take a fresh look at your lifestyle.

Ancaman Perang Dunia Ketiga, Korut Gelar Latihan Evakuasi

0 6
Ancaman Perang Dunia Ketiga, Korut Gelar Latihan Evakuasi

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un

Pyonyang – Korea Utara melakukan latihan evakuasi di ambang Perang Dunia III di kota-kota sekunder dan kota-kota kecil di seluruh negeri minggu ini. Demikian menurut sebuah situs yang memantau negara tertutup itu.

Sementara, Ibukota Pyongyang belum ambil bagian dalam latihan perang, yang difokuskan di pantai timur di mana Amerika Serikat kemungkinan akan menyerang dari Jepang, Guam dan Pasifik.

Pelatihan pemadaman dan evakuasi semacam di negara tersebut sangat jarang terjadi. Namun beberapa sumber melaporkan mereka sedang melakukan latihan itu pada hari ini, menurut NK News.

Gedung Putih memerintahkan armada pembom B-52 dan unit rudal balistik antar benua untuk bersiap-siap sejak tadi  malam. Sebelumya, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis memperingatkan sebuah respon militer besar-besaran jika Kim Jong-un dares menyerang Amerika atau sekutu-sekutunya, seperti Jepang atau Korea Selatan, dalam sebuah kunjungan ke perbatasan Korea Utara kemarin.

Sementara, Donald Trump mengancam untuk benar-benar menghancurkan Korea Utara dalam pidato PBBnya bulan lalu dan mengerahkan tiga kapal induk bertenaga nuklir ke semenanjung.

Meskipun demikian, seorang diplomat senior Korea Utara mengulangi ancaman rezim tersebut untuk melakukan uji coba nuklir berikutnya di Pasifik minggu ini.

Pensiunan Letnan Jenderal Chun In-bum  dari tentara Korea Selatan  mengatakan: “Saya belum pernah mendengar tentang jenis latihan ini sebelumnya di Korea Utara  tapi saya tidak terkejut.

“Mereka harus menyadari betapa serius situasinya,” jelasnya dilansir Daily Start, Minggu (29/10)

Seorang pengunjung reguler ke Korea Utara mengatakan mereka tidak pernah mendengar latihan semacam itu. “Dulu ada latihan penggerebekan udara pada 2003, tapi tidak ada lagi sejak saat itu,”

Pengunjung biasa lainnya yang bekerja di negara tersebut mengatakan, “Saya belum pernah mendengar tentang latihan evakuasi yang terjadi sebelumnya.” Ini tampaknya merupakan evakuasi massal pertama yang dilakukan Korea Utara sejak 2013. 

Pada saat itu, rezim tersebut memerintahkan diplomat mengevakuasi, sementara mobil di Pyongyang ditutupi dalam jaring kamuflase.

Latihan diadakan hampir setiap hari selama periode krisis lain, pada tahun 1994. Latihan biasanya dilakukan oleh rezim untuk mengendalikan penduduknya dengan menjaga agar tetap tak ketakutan.

 

 

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Rudal Evakuasi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23949/Ancaman-Perang-Dunia-Ketiga-Korut-Gelar-Latihan-Evakuasi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments