Take a fresh look at your lifestyle.

9 Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah, Simak ya!

0 3

Cara membuka situs yang diblokir – Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, tampaknya tidak satupun dari kita yang bisa lepas dari kehebatan internet. Memang, banyak hal yang kita peroleh dengan aktif berselancar di internet. Kita bisa update informasi , menonton video, komunikasi dengan teman dan saudara, berbisnis dan masih banyak lagi. Internet seolah melipat jarak dan waktu sehingga semuanya semakin mudah dan semakin menyenangkan.

Tidak ada asap jika tidak ada api. Itulah alasan kenapa saat ini mulai banyak situs yang diblokir. Ada beberapa alasan kenapa pada akhirnya pemerintah memblokir situs tertentu. Ini tidak lain bersumber dari aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama oleh Kemkominfo yang tujuannya adalah untuk mendorong pengguna agar bijak dalam menggunakan internet secara  aman dan sehat.

Oleh pemerintah, kebijakan ini disebut dengan program INSAN yang merupakan kepanjangan dari Internet Sehat dan Aman dengan beberapa kriteria website yang tidak aman antara lain adalah website yang padat akan konten pornografi,  judi, penipuan, bullying, dan konten dewasa yang lain yang sifatnya tidak mendidik dan sebaliknya menjatuhkan moral bangsa.

Ini sudah di atur dalam UU transaksi elektronik dengan nomor 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik dan sekaligus  Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 yang berisi tentang Pelayanan Publik. Sejak diterbitkannya aturan tersebut, para pengguna internet yang semula bertujuan mengakses konten yang masuk dalam kategori negatif, akan dialihkan ke konten yang positif secara otomatis. Sayangnya, seringkali karena aturan tersebut, banyak pula situs yang sebenarnya memberikan kontribusi positif pun ikut terblokir.

Sifat internet pada dasarnya adalah terbuka. Pemerintah tidak melarang penggunaan internet selama itu digunakan untuk hal yang positif. Namun, saat ini sudah mulai banyak situs yang diblokir dengan berbagai alasan. Jengkel pastinya saat ingin membuka situs tertentu dan ternyata situs tersebut sedang dalam kondisi diblokir. Lalu, gimana ya cara buka situs yang diblok? Mau tau caranya? yuk simak sampai tuntas tipsnya!

Cara Membuka Situs Yang Diblokir

 

1. Yuk, akses proxy server webproxy.to

Tips yang pertama adalah dengan mengakses situs website dengan alamat website yang satu ini. Ya, website ini adalah website gratis dengan cara pemakaian yang terbilang mudah sekali. Jika Anda sudah masuk di halaman pertama dari alamat website proxy.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengetikkan URL dari alamat situs yang sudah diblokir di tempat kotak pencarian yang sudah disiapkan. Dan, segera halaman situs yang tidak bisa dibuka sebelumnya akan segera terbuka dan Anda bisa mengaksesnya kembali.

 

2. Manfaatkan VPN

Cara Membuka Situs Yang Diblokir
sumber foto: www.pngdownload.id

Langkah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan VPN. Apa itu VPN? VPN adalah kepanjangan dari virtual private network yang merupakan cara yang paling gampang dan paling umum untuk digunakan membuka situs yang terblokir.

Adapun cara kerja VPN adalah dengan membuat koneksi antara jaringan yang ada pada internet dengan jaringan lain yang berada pada alamat IP yang berbeda. Cara ini adalah cara yang mudah dan aman bagi Anda untuk berselancar sampai puas di internet.

Metode pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan menggunakan aplikasi VPN dalam membuka situs yang diblokir di perambah Google Chrome. VPN bekerja dengan mengacak alamat IP untuk membuka situs terblokir.

Langkah menggunakan VPN adalah sebagai berikut:

  • Segera download aplikasi turbo VPN yang bisa kita unduh tanpa bayar
  • Setelahnya, coba  buka aplikasi Turbo VPN tersebut lalu klik I Agree agar sistem bisa berjalan dengan baik. Sedangkan untuk memilih jenis servernya, Anda bisa mengetuk icon berbentuk bola dunia yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Anda bisa memilih salah satu server gratis yang tersedia sehingga otomatis akan terhubung dengan jaringan VPN yang terdapat pada HP android Anda. Sebagai penanda terhubung, akan muncul tulisan Connected dan sekaligus tampak icon VPN yang terdapat pada bar notifikasi. Disini, Anda akan dengan mudah mengetahui atau melihat status dan sekaligus kecepatan jaringan yang ada disini.

Aplikasi VPN ini bisa juga Anda gunakan melalui PC ataupun laptop yang bisa Anda jalankan dengan bebas berselancar di Google Chrome. Adapun aplikasi yang disarankan adalah TunnelBear VPN.

Caranya? cobalah untuk menginstal aplikasi yang bernama TunnelBear VPN. Tekan toggle untuk mengaktifkan aplikasi yang satu ini. Selanjutnya adalah tunggu sampai jaringan benar-benar stabil dan terkoneksi dengan baik melalui PC atau laptop Anda. Kemudian, bukalah browser untuk mengakses internet secara bebas.

Faktanya, selain menggunakan kedua aplikasi di atas, yaitu aplikasi Turbo VPN, dan aplikasi TunnelBear VPN, Anda juga bisa memakai aplikasi VPN jenis lain yang tentu saja memiliki fitur yang maksimal dan kinerjanya pun optimal. Cek terlebih dahulu beberapa aplikasi VPN yang tersedia dan pilih manakah yang paling cocok untuk Android atau PC Anda.

 

3. Gunakan Browser Opera

Cara Membuka Situs Yang Diblokir
sumber foto: www.brand.opera.com

Setelah Firefox dan Chrome, browser yang cukup fenomenal adalah Opera. Dengan menggunakan browser Opera, alamat VPN pun langsung aktif tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu seperti pada browser yang lain. Aplikasi VPN yang terbuka otomatis pada browser Opera memudahkan Anda untuk membuka situs yang terkunci saat ini.

Baca Juga : Cara Upgrade Windows Ke Windows 10

 

4. Manfaatkan SSH

Langkah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan SSH. Apa itu SSH? SSH adalah jaringan yang secara konsisten memberikan proteksi terhadap berbagai ancaman virus yang masuk. Data yang ada pun terlindungi dan Anda bebas surfing di internet sepuasnya.

SSH adalah kepanjangan dari Secure Shell. Fungsinya adalah sebagai jaringan yang berperan melindungi data atau pertukaran data dari banyaknya ancaman virus. Bisa dikata, SSH dan VPN memiliki fungsi yang mirip satu dengan yang lain dengan sedikit perbedaan yang terletak pada pihak ketiga yang digunakan oleh SSH  yaitu SSH tunneling.

Gunakan HP android Anda untuk memanfaatkan SSH dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama adalah dengan membuka situs FastSSH lalu pilih server Indonesia. Ketuk Create SSH Account Indonesia yang diikuti dengan pembuatan akun baru dengan cara memasukkan username sekaligus password. Terakhir ketuk Create Account.
  • Langkah berikutnya adalah dengan cara menunggu sampai kamu mendapatkan username, password dan juga alamat host IP untuk masuk ke step berikutnya.
  • Jika langkah sebelumnya berhasil, download kemudian install aplikasi KPNTunnel Revolution terlebih dahulu. Buka menu Settings, temukan bagian Host/ IP-nya yang ada pada format yang sebelumnya sudah Anda catat. Isi pada bagian username dan sekaligus password sesuai dengan yang sudah Anda dapatkan sebelumnya dan telah didaftarkan pada situs FastSSH.com. Aktifkan pula Auto Reconnect lalu input URL Pinger dengan menggunakan “www.bing.com“.
  • Terakhir yuk aktifkan Custom DNS yang bisa digunakan dengan settingan default yang ada pada aplikasi tersebut. Untuk memulai memakai SSH, cobalah untuk kembali ke halaman utama dengan cara klik Start lalu mulailah SSH bisa Anda jalankan.

5. Manfaatkan Browser TOR

Salah satu keunggulan dari Browser TOR dibandingkan dengan browser yang lain adalah memiliki tingkat privasi yang perfect dan yang paling penting adalah cocok menjadi pilihan untuk membuka situs yang sudah diblokir secara langsung oleh pemerintah. Adapun sisi lain yang membuat TOR semakin istimewa adalah adanya jaringan tersendiri sehingga TOR mampu mengakses berbagai server sehingga fungsinya berjalan dengan sangat baik.

 

6. Add-on Anonymox

Cara membuka situs yang diblok adalah dengan memanfaatkan browser Chrome dan Firefox. Keduanya memanfaatkan aplikasi add-on Anonymox yang ada di masing-masing browser tersebut yang lantas bis Anda install seperti biasa. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan untuk membuka situs yang diblokir.

Baca juga : Top Digital Agency di Indonesia

 

7. Manfaatkan browsec

Apa  itu browsec? Ini adalah aplikasi khusus yang bukan merupakan VPN. Untuk menggunakannya, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu tanpa menggunakan cara khusus. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh browsec adalah dari segi speednya yang cepat, bisa dimanfaatkan secara gratis, dan mudah digunakan. Sehingga, untuk mengoperasikannya Anda tidak perlu menggunakan cara atau keahlian khusus karena aplikasi ini sangat mudah digunakan.

 

8. Pakai Betternet

Betternet sama seperti beberapa aplikasi terdahulu yaitu mampu memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membuka situs yang di blokir. Situs ini mampu melindungi privasi pengguna dengan cara yang efektif, yaitu dengan menyamarkan identitas penggunanya sehingga identitas tersebut tidak bocor.

 

9. Gunakan Server DNS

Cara buka situs yang diblok selanjutnya adalah dengan menggunakan server DNS atau yang kita sebut dengan domain name system. Tujuan dari penggunaan server ini adalah untuk mengubah dari IP address menjadi domain address. Adapun salah satu server DNS yang direkomendasikan adalah DNS 1.1.1.1. yang saat ini diklaim memiliki akses internet yang paling cept dengan kecepatan respon mencapai 14,8ms.

Langkah penggunaan server DBS adalah dengan menginstal aplikasi Cloudflare 1.1.1.1 . Kemudian, kembali buka aplikasi tersebut , geser toggle dan temukan tulisan Connected sekaligus icon VPN yang terdapat pada bar notifikasi.

Lain lagi bagi Anda yang menggunakan PC, bisa ikuti cara praktis tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Cukup dengan membuka Control Panel dan ikuti langkah cepat di bawah ini:

  • Buka control panel yang ada pada laptop atau PC Anda. Selanjutnya, pilih Network dan Internet, lalu pilih Network dan Sharing Center. Terakhir pilih menu Change adapter Setting yang terletak di sebelah kiri.
  • Pilih opsi Properties yang ada pada koneksi internet. Selanjutnya pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik kembali Properties yang terletak di bagian bawahnya. Jika sudah beralih ke jendela berikutnya, terlebih dahulu Anda bisa aktifkan  menu Use the following server addresses, lalu isilah Prefered Server dan sekaligus Alternate DNS Server dengan menggunakan 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 yang selanjutnya diakhiri dengan cara mengeklik OK. Selesai melewati tahapan tersebut, situs yang semula terblokir kembali terakses.

Cara membuka situs yang diblokir diatas adalah langkah mudah dan cepat agar Anda kembali berkesempatan mengakses situs yang sebelumnya belum berhasil di buka. Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang cukup lama untuk kembali mengakses situs yang Anda inginkan dan prosesnya pun tidak sulit.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments