Take a fresh look at your lifestyle.

9.421 Warga Sekitaran Gunung Agung Mengungsi

0 7
9.421 Warga Sekitaran Gunung Agung Mengungsi

Sejumlah warga mengamati Gunung Agung yang masih berstatus siaga dari Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali.

Karangasem- Gempa vulkanik Gunung Agung yang terus menerus berlangsung, menyebabkan 9.421 warga dari Kabupaten Karangasem, Klungkung dan Buleleng mengungsi ke lokasi yang aman.

Pengungsian berlangsung dari pekan lalu sejak status ke level awas.  Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 49.485 orang di enam desa yang masuk kawasan rawan bencana Gunung Agung. Dari jumlah itu, saat ini 1.259 orang di antaranya telah mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan,  para pengungsi itu tinggal di sejumlah pos yang disiapkan pemerintah maupun secara mandiri di rumah-rumah warga lain.

Katanya lagi,  jumlah pengungsi setiap hari terus bertambah. Masyarakat di kaki Gunung Agung, trauma dengan letusan tahun 1963. “Tanda-tanda yang mereka rasakan saat ini, yaitu gempa vulkanik yang sering terjadi, mirip dengan kejadian sebelum letusan 1963,” tulis Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Kondisi ini, kata Sutopo,  meminta pemerintah setempat membuka pos pengungsian di balai desa di area yang tak terdampak aktivitas Gunung Agung. Menurutnya, pos pengungsian berbentuk tenda tidak nyaman karena mudah terpapar abu atau material erupsi.

TAGS : Gunung Agung BNPB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22172/9421-Warga-Sekitaran-Gunung-Agung-Mengungsi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments