Take a fresh look at your lifestyle.

7 Contoh Produk Kerajinan Bahan Lunak yang Bisa Dijual

0 66

Saat ini banyak usaha produk kerajinan yang mulai populer untuk di ambil. Karena adanya internet, banyak orang tidak merasa kesusahan lagi menjual dan memasarkan kerajinan buatan sendiri. Di era dulu, pedagang kerajinan sangat sulit bersaing jika buka usaha sendiri. Karena tidak ada platform promosi, tentu tidak banyak toko yang mau menerima kerajinan kayu jika tidak memiliki nama pengrajin yang sudah terkenal.

Tapi sekarang, kerajinan bisa dijual mandiri asalkan Anda memiliki barang yang menarik dan memiliki strategi marketing yang baik. Walaupun sekarang lebih mudah, barang – barang kerajinan tentu masih niche. Tergantung kerajinan apa yang Anda tekuni, bisa saja Anda memiliki potensi pasar yang tidak besar.

Contoh jenis barang kerajinan yang selalu populer adalah kerajinan mebel kayu. Semua orang tentu butuh perabotan kayu, tapi modal dan skill untuk membuat kerajinan tipe ini tentu juga berat. Biasanya, kerajinan yang lebih aksesibel untuk para pemula bisnis jual kerajinan adalah hasil kerajinan lunak.

Produk kerajinan berbahan lunak tentu ada bermacam – macam. Hal seperti tanah liat, lilin, kulit dan serat alam adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Bahan ini mudah diolah dan tidak mahal harganya. Jadi bagi para pemula, pilihan kerajinan ini tentu mudah diambil.

Untuk Anda yang ingin terjun mencoba bisnis kerajinan bahan lunak ini, mari bahas bersama contoh produk kerajinan yang sudah terbukti lebih mudah dijual. Hal ini bisa jadi inspirasi untuk Anda yang ingin sukses dan lebih menguasai pasar kerajinan. Berikut adalah contoh produk – produk kerajinannya:

Perabotan Hias Tanah Liat

 

Perabotan Hias Tanah Liat
Photo by Mahir Uysal on Unsplash

Tanah liat adalah medium kerajinan yang paling tua. Di mana – mana, anda bisa temukan benda yang terbuat dari bahan ini. Untuk medium tanah liat, produk kerajinan yang paling sering laku adalah perabotan hias. Perabotan hias ini adalah berbagai barang perabotan tanah liat yang juga memiliki potensi dipajang menjadi hiasan.

Contoh saja teko tanah liat dengan ukiran yang detail dan indah. Teko ini tentu bisa dipakai untuk tempat teh poci ataupun jamu. Tapi karena detail ukiran yang indah, benda ini tentu bisa jadi penghias rumah juga. Meletakan set ini di ruang tamu bisa memberikan aura menyambut yang tentunya baik.

Dalam usaha perabotan hias tanah liat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini mengenai tingkat kesulitannya. Hasil kerajinan tanah liat yang laku biasanya kualitasnya tinggi. Sayangnya, bagi para pemula, membuat produk tanah liat yang tanpa cacat dan sempurna tidak semudah yang dibayangkan.

Tanah liat merupakan media kerajinan yang tidak stabil. Mulai dari kualitas tanah liat, proses pembentukan yang digunakan, kualitas detail yang ingin ditunjukan, ukuran kerajinan yang akan dibuat dan juga proses pembakarannya, semua harus menggunakan teknik khusus. Jika Anda belum pernah memiliki pengalaman membuat kerajinan ini, lebih baik belajar banyak dulu sebelum mulai usahanya.

Sebagai alternative, anda bisa merekrut para pengrajin tanah liat untuk membuat desain – desain perabot hiasan yang Anda buat. Hal ini tentu pilihan lain bagi Anda yang tidak mampu membuat kerajinan sendiri. Tapi karena membayar orang, pastikan memiliki modal yang cukup untuk hal ini.

Pernak – Pernik Serat Alam

 

Serat alam adalah berbagai serat yang bisa ditemukan dari tumbuh – tumbuhan. Hal seperti serat rotan dan serat daun kelapa adalah beberapa bahan yang sering digunakan untuk kerajinan ini. Serat ini sangat fleksibel untuk banyak hal, tapi untuk yang paling laku adalah pernak – pernik souvenir.

Hal seperti gantungan kunci, hiasan tempelan kulkas, boneka rajut serat dan berbagai jenis pernak – pernik lain adalah hal yang biasanya banyak dicari. Produk serat ini lebih sering ditemukan untuk keperluan souvenir pernikahan, toko oleh – oleh dan juga welcome gift untuk hotel dan spa.

Lilin Aromatic

 

Contoh produk kerajinan yang laku berikutnya adalah lilin aromatic. Kerajinan ini memang tidak begitu mengundang jika dipandang sekilas. Tapi setelah menggunakannya, Anda akan tahu mengapa banyak orang sering mencari kerajinan ini.

Lilin aroma terapi ini biasanya digunakan untuk beberapa keperluan spesifik. Hal seperti tempat terapi, hotel, area spa dan bahkan keperluan tempat praktek psikolog. Aroma yang harum dari lilin ini mampu membantu seseorang untuk rileks. Pada beberapa aplikasi, banyak orang mengatakan bisa lebih mudah tidur menggunakan lilin ini walaupun menderita insomnia.

Jenis lilin yang satu ini bisa dibuat berbagai macam bentuk dan juga tipe aroma. Pembuatannya juga cukup mudah dan bisa dijual dalam satu set besar. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk produk ini juga tidak terlalu tinggi. Jadi Anda bisa borong kebutuhan kerajinan-nya jika ingin memulai produksi besar.

Jika Anda ingin belajar, banyak tutorial online yang memberikan informasi gratis untuk membuat kerajinan ini. Produk kerajinan lilin ini memang terkenal ramah bagi para pemula, tapi penggunaanya lebih niche dari pada hasil kerajinan lain di list ini.

Bila Anda sudah ahli membuat lilin – lilin ini dengan mengikuti tutorial, Anda bisa juga melakukan eksperimen sendiri. Membuat aroma yang unik untuk lilin aromatic biasanya jadi cara yang paling mudah untuk menjadi populer. Semakin unik aroma yang bisa Anda buat, makin banyak juga pelanggan yang ingin mencobannya.

Sabun Hias

 

Tipe kerajinan nice lain juga bisa Anda temukan pada sabun hias. Produk ini pasarnya mirip dengan kerajinan lilin aromatic.  Sabun ini biasanya digunakan untuk kebutuhan souvenir. Sabun dengan bentuk – bentuk cantik ini bisa digunakan layaknya sabun biasa.

Untuk pembuatan produk kerajinan berbahan lunak ini, Anda bisa menggunakan dua teknik. Teknik pertama adalah dengan memahat. Penggunaan teknik ini sangat baik untuk keperluan membuat sabun hias dengan detail yang tinggi. Tapi prosesnya lebih memakan waktu dan memiliki kesulitan yang tinggi.

Teknik pembuatan lain adalah dengan menggunakan cetakan. Dalam proses pembuatannya, Anda membuat ukiran pada medium cetakannya. Setelah cetakan jadi, cairan sabun bisa dicetak di sini untuk produksi lebih cepat. Tantangan menggunakan cetakan ini adalah tingkat detail yang bervariasi. Tergantung kualitas cetakan yang dibuat, hasil akhir sabun juga mengikuti cetakan tersebut.

Kerajinan Fashion Kulit

 

Produk kerajinan yang laku berikutnya adalah kerajinan kulit. Di dunia fashion, permintaan akan produk –produk kulit ini sangat tinggi. Hal seperti tas, sepatu, dompet dan sabuk adalah beberapa jenis perlengkapan fashion yang bisa Anda buat dengan kulit ini.

Permintaan yang tinggi ini membuat usaha kulit lebih cepat menjadi besar. Tapi di sisi lain, tingkat persaingan antar pengrajin sangat tinggi. Banyak pengrajin bersaing untuk membuat desain fashion yang paling laku dan mampu menarik hati para kolektor.

Jika Anda tertarik masuk ke dunia kerajinan kulit untuk fashion ini, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan. Hal pertama adalah jenis kulit yang akan Anda gunakan. Kulit hewan dalam dunia fashion ada banyak jenisnya. Mulai dari kulit lembu, domba, ular, buaya dan bahkan hewan eksotik seperti kulit rubah. Setiap kulit ini memiliki supplier yang berbeda. Jadi pastikan menjalin relasi dengan supplier yang sesuai.

Hal penting berikutnya adalah membuat strategy produk utama. Jika menghasilkan produk kerajinan kulit untuk fashion, pilihan yang ditemukan tentu ada banyak. Daripada membuat semua produk kulit itu, pilih beberapa saja yang ingin Anda fokuskan. Contoh saja, Anda focus memproduksi dompet kulit. Nah, dari dompet kulit ini, Anda lebih tekankan pada variasi desainnya daripada jenis produk fashion yang bisa Anda Buat. Nah, jika sudah laku, barulah Anda memberikan pilihan produk lain seperti tas dan sabuk dalam bendara satu brand yang sama dengan dompet Anda.

Hiasan Bubur Kertas Daur Ulang

 

Kesadaran masyarakat akan masalah sampah di lingkungan tentu membuat kerajinan bubur kertas ini makin populer di era modern sekarang, Bubur kertas daur ulang memang fleksibel untuk membentuk banyak benda kerajinan. Tapi untuk kerajinan bubur kertas yang paling laku, Anda tentu harus pilih hiasan rumah.

Hal seperti pot ukiran, patung dan hiasan meja, semua bisa dibuat menggunakan bubur kertas ini. Memang, produksi kerajinan ini mirip – mirip dengan tanah liat, tapi bedanya bahan bubur kertas bisa Anda dapat gratis.

Sampah kertas tentu bisa ditemukan menumpuk di banyak tempat. Daripada mengotori lingkungan, Anda bisa olah bahan tersebut menjadi bahan yang menjual. Gerakan usaha ramah lingkungan ini banyak mendatangkan keuntungan, terutama dari pihak – pihak yang mendukung gerakan eco-friendly industri. Tidak jarang usaha dari bahan bekas ini mendatangkan investor.

Pernak Pernik dari Epoxy

 

Contoh produk kerajinan yang bisa dijual yang terakhir ini bisa dibilang tergolong baru. Budaya DIY dari barat sekarang ini mudah masuk dalam masyarakat melalui internet. Nah, dengan masuknya budaya yang berbeda ini, maka tumbuh juga kerajinan baru yaitu menggunakan epoxy. Bahan epoxy ini bisa dibilang mirip plastic mika leleh. Bentuk mentahnya adalah cairan yang nantinya dicampur dengan bahan campuran untuk membuatnya bereaksi menjadi padat saat sudah kering.

Anda bisa coba cari berbagai project kerajinan dari epoxy yang menarik di internet. Biasanya, orang menggunakan kombinasi bahan ini dengan banyak bahan lain untuk menghasilkan sesuatu kerajinan yang unik. Contoh saja kayu pahat yang ditaruh mengambang di tengah adonan epoxy. Setelah dicetak dalam kubus, hasilnya akan menunjukan pahatan kayu yang  mengambang di tengah block trasnparan. Hal ini tentu menjadi produk yang masih jarang di Indonesia.

Karena masih jarang, banyak orang pasti akan membeli berbagai pernak – pernik dari epoxy ini. Anda bisa bereksperimen mencoba menjual hal – hal sederhana seperti gantungan kunci ataupun hiasan meja terlebih dahulu. Jika interestnya naik, Anda tawarkan pernak – pernik yang lebih advance seperti case smartphone, dadu transparan dan bahkan pot tanaman.

Bagaimana menurut Anda? Banyak bukan contoh produk kerajinan yang bisa dijual? Hal ini bisa jadi pondasi untuk bagi Anda yang ingin mulai terjun ke usaha kerajinan yang satu ini. Jika sudah laku, Anda bisa bereksperimen untuk mencari bentuk kerajinan lain yang bisa dijual.

Trend kerajinan tentu berubah – ubah. Hal seperti pernak – pernik epoxy di atas adalah kerajinan baru yang baru beberapa tahun ini menjadi populer. Jadi, selalu ikuti perkembangan pasar kerajinan ini jika ingin memanfaatkan kesempatan agar lebih sukses. Terima kasih sudah membaca bahasan produk kerajinan berbahan lunak ini. Selamat mencoba usahanya dan semoga sukses!

Seperti apakah Pernak – Pernik Serat Alam?

Serat alam adalah berbagai serat yang bisa ditemukan dari tumbuh – tumbuhan. Hal seperti serat rotan dan serat daun kelapa adalah beberapa bahan yang sering digunakan untuk kerajinan ini. Serat ini sangat fleksibel untuk banyak hal, tapi untuk yang paling laku adalah pernak – pernik souvenir. Hal seperti gantungan kunci, hiasan tempelan kulkas, boneka rajut serat dan berbagai jenis pernak – pernik lain adalah hal yang biasanya banyak dicari. Produk serat ini lebih sering ditemukan untuk keperluan souvenir pernikahan, toko oleh – oleh dan juga welcome gift untuk hotel dan spa.

Seperti apakah Hiasan Bubur Kertas Daur Ulang?

Bubur kertas daur ulang memang fleksibel untuk membentuk banyak benda kerajinan. Tapi untuk kerajinan bubur kertas yang paling laku, Anda tentu harus pilih hiasan rumah. Hal seperti pot ukiran, patung dan hiasan meja, semua bisa dibuat menggunakan bubur kertas ini. Memang, produksi kerajinan ini mirip – mirip dengan tanah liat, tapi bedanya bahan bubur kertas bisa Anda dapat gratis. Sampah kertas tentu bisa ditemukan menumpuk di banyak tempat. Daripada mengotori lingkungan, Anda bisa olah bahan tersebut menjadi bahan yang menjual. Gerakan usaha ramah lingkungan ini banyak mendatangkan keuntungan, terutama dari pihak – pihak yang mendukung gerakan eco-friendly industri. Tidak jarang usaha dari bahan bekas ini mendatangkan investor.

Seperti apakah Pernak Pernik dari Epoxy?

Kerajinan baru yaitu menggunakan epoxy. Bahan epoxy ini bisa dibilang mirip plastic mika leleh. Bentuk mentahnya adalah cairan yang nantinya dicampur dengan bahan campuran untuk membuatnya bereaksi menjadi padat saat sudah kering. Anda bisa coba cari berbagai project kerajinan dari epoxy yang menarik di internet. Biasanya, orang menggunakan kombinasi bahan ini dengan banyak bahan lain untuk menghasilkan sesuatu kerajinan yang unik. Contoh saja kayu pahat yang ditaruh mengambang di tengah adonan epoxy. Setelah dicetak dalam kubus, hasilnya akan menunjukan pahatan kayu yang mengambang di tengah block trasnparan. Hal ini tentu menjadi produk yang masih jarang di Indonesia. Karena masih jarang, banyak orang pasti akan membeli berbagai pernak – pernik dari epoxy ini. Anda bisa bereksperimen mencoba menjual hal – hal sederhana seperti gantungan kunci ataupun hiasan meja terlebih dahulu. Jika interestnya naik, Anda tawarkan pernak – pernik yang lebih advance seperti case smartphone, dadu transparan dan bahkan pot tanaman.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments