Take a fresh look at your lifestyle.

6 Tips Cara Menghindari Pencurian Identitas

0 8

Teknologi dibuat untuk memberikan manfaat bagi banyak orang. Sayangnya, penggunaan teknologi dengan kurang baik dapat menyebabkan masalah yang besar pada data digital anda. Salah satunya adalah masalah pencurian identitas. Pencurian identitas bisa terjadi jika anda tidak berhati-hati dalam menggunakan teknologi. Untuk menghindarinya, maka berikut ini adalah 6 tips teknologi yang bisa anda ikuti untuk menghindari terjadinya pencurian identitas.
 

 

Menghindari Sharing Data Berlebihan 

 
Salah satu hal yang perlu anda lakukan untuk menghindari pencurian data adalah menghindari sharing data berlebihan. Sharing data bisa berbentuk apa saja. Belakangan ini salah satu media sharing data yang sangat kuat adalah sharing data melalui media sosial. Sosial media adalah salah satu media yang digunakan untuk membagikan pengalaman. Mulai dari pengalaman liburan, pengalaman melakukan hal dan kegiatan dan masih banyak lagi.

Apa salahnya dengan membagikan data atau informasi anda di media sosial? Ketika anda membagikan pengalaman yang menyenangkan seperti liburan dan hal-hal lainnya, maka orang yang memiliki niat buruk akan lebih mudah untuk menetapkan anda sebagai target penipuan yang akan mereka lakukan. Apalagi jika anda tidak memiliki pengetahuan yang luas terhadap teknologi, akan lebih mudah bagi orang-orang tersebut untuk mencari informasi dan membobol akun sosial media anda.

Akun sosial media bisa menjadi salah satu jalan yang memudahkan orang lain untuk mencari informasi lain yang berhubungan dengan anda. Jika akun sosial media anda sudah dibobol oleh orang tidak bertanggung jawab, identitas anda bisa diambil dan digunakan untuk kegiatan lain yang sudah pasti akan merugikan anda.
 

Gunakan Password yang Kuat 

 

Gunakan Password yang Kuat 
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Selanjutnya, hal lain yang perlu anda lakukan untuk menghindari terjadinya pencurian identitas adalah dengan menggunakan password yang kuat. Password adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Password yang kuat akan membuat pembobolan akun anda menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Pembobolan akun dengan menggunakan password biasanya dilakukan dengan melakukan generate angka untuk dimasukkan pada akun sosial media anda. Jika password anda mudah, maka akan lebih mudah bagi sistem pembobol untuk bisa masuk ke akun anda. Jika hal ini terjadi, maka akun anda akan lebih muda untuk diambil alih. Untuk anda yang ingin membuat akun yang lebih kuat, maka berikut ini adalah tips yang bisa anda ikuti :

  • Gunakan campuran huruf dan angka

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat password yang kuat adalah dengan membuat password dari campuran komponen yang kompleks, anda bisa menggunakan angka, huruf besar, huruf kecil dan juga menggunakan simbol. Penggunaan campuran komponen yang banyak akan membuat password anda makin sulit untuk ditembus. Dengan membuat password dengan campuran komponen seperti ini artinya anda juga tidak boleh menggunakan kata-kata yang mudah diprediksi seperti nama anda, dan kata-kata populer, seperti password dan kata lainnya sebagai password.

  • Gunakan password yang panjang

Salah satu cara untuk membuat password yang sulit untuk ditembus adalah membuat password yang sulit untuk dibobol adalah dengan membuat password yang panjang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika seorang pembobol berusaha untuk membuka akun anda, mereka akan mencoba membuat angka dan melakukan generate angka dan mencocokkannya. Makin panjang password yang anda gunakan, maka akan semakin panjang juga proses yang dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk menggagalkan proses pembobolan akun anda.

  • Gunakan two step authentication

Berhubungan dengan aktivitas login yang anda lakukan, cara menghindari pencurian identitas ini juga bisa makin sulit untuk dilakukan jika anda menggunakan two step authentication. Saat ini sudah mulai banyak aplikasi dan website yang menetapkan penggunaan two step authentication untuk membantu mempersulit aktivitas login.

Two step authentication merupakan sebuah cara yang digunakan oleh perusahaan untuk melindungi konsumennya. Step ini dilakukan dengan memasukkan password terlebih dahulu. Setelah password yang dimasukkan benar, anda akan diminta memasukkan kode unik yang dikirimkan oleh sistem ke ponsel anda.

Sistem ini merupakan sistem terbaru yang memperbolehkan anda melakukan login hanya jika memiliki ponsel yang sudah anda daftarkan dan juga memiliki password yang benar. Sayangnya perlindungan ini hanya bisa anda dapatkan jika anda mengaktifkan fitur ini pada sistem setting yang anda miliki.
 

Hindari Link yang Mencurigakan 

 
Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan untuk melindungi akun anda dari pencurian identitas adalah dengan menghindari link yang mencurigakan. Ketika anda memiliki akun sosial media apapun, pastikan untuk tidak melakukan klik pada link-link yang mencurigakan.

Link yang mencurigakan biasanya akan dikirimkan pada ponsel anda dengan banyak alasan yang mungkin akan membuat anda ketakutan. Contohnya ketika anda membuka email dan muncul sebuah email yang berisi file yang terlihat penting tapi berasal dari email yang tidak jelas, maka pastikan anda tidak melakukan klik pada link tersebut.

Link yang mencurigakan seperti ini biasanya digunakan untuk memasukkan virus dan juga malware ke perangkat keras anda. Hal ini akan sangat berbahaya karena pemilik virus bisa mencari identitas anda dan menggunakan identitas ini untuk masuk ke akun penting anda dan melakukan pencurian lainnya. Seperti pencurian identitas akun sosial media anda yang lain hingga pencurian dana yang ada di akun finansial digital anda. Sangat berbahaya bukan?
 

Lebih Teliti dengan Website yang Akan Anda Gunakan 

 
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan dan pencurian identitas secara online adalah dengan menghindari website yang berbahaya. Website yang bertujuan untuk pencurian identitas saat ini memang sudah makin canggih. Salah satu website yang biasa digunakan untuk melakukan pencurian data adalah website yang memiliki tampilan yang mirip dengan tampilan website yang sering anda kunjungi.

Sayangnya bukan hanya tampilannya saja. Selain memiliki tampilan yang mirip, biasanya website yang berbahaya ini juga memiliki alamat yang hampir mirip dengan website aslinya. Contohnya alamat Instagram yang benar adalah Instagram.com, sebuah website yang bertujuan untuk penipuan bisa menggunakan alamat Instagram.co.id untuk mengecoh anda.

Ketika anda menemukan website penipuan online seperti website tersebut, maka pastikan anda tidak melakukan login di website tersebut. Ketika anda melakukan login, maka username dan password anda akan ditangkap oleh sistem dan digunakan untuk melakukan login oleh pemilik website tersebut untuk mencuri identitas anda. Selanjutnya, maka akun anda bisa di hack, anda bisa diperas atau bahan akun tersebut bisa digunakan untuk mencuri hal lain yang lebih penting lagi. Anda pasti tidak ingin hal ini terjadi bukan?
 

Update Anti Virus

 
Hal lainnya yang perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya pencurian identitas adalah dengan mengupdate sistem yang anda miliki. Baik anda menggunakan ponsel ataupun menggunakan PC pastikan sistem anti virus yang ada di perangkat anda aktif dan update.

Sistem antivirus yang update memiliki lebih banyak database virus sehingga mereka lebih mudah melakukan pendeteksian dan juga penanganan mengenai virus-virus baru. Jika anti virus yang anda miliki tidak update, maka virus baru yang disisipkan pada link, pada website dan pada media apapun akan lebih mudah melakukan pencarian data pada sosial media yang anda miliki. Jika hal ini terjadi, maka anda akan kewalahan untuk mencari cara melepaskan diri dari hal tersebut.

Sistem antivirus yang update akan membantu anda untuk membedakan aplikasi dan website yang aman untuk dikunjungi atau tidak. Jika sistem antivirus anda update, maka sistem antivirus yang anda miliki akan memperingatkan anda jika ada hal-hal yang mencurigakan sedang menyerang perangkat teknologi anda.
 

Simpan Data Finansial Anda dengan Teliti 

 
Simpan Data Finansial Anda dengan Teliti 
 
Tujuan dari link yang mengandung virus adalah untuk melakukan penelusuran dan pengumpulan data pada komputer yang anda miliki. Pengumpulan data yang dilakukan oleh virus ini biasanya digunakan untuk mencari data finansial. Contohnya adalah username dan password dari m banking dan juga i banking yang anda miliki.

Ketika virus bisa mendapatkan username dan password yang anda miliki, maka username dan password ini nantinya bisa digunakan untuk membobol akun Finance anda. Hal ini sering kali terjadi dan harus dihindari. Untuk menghindarinya, satu-satunya cara adalah dengan melakukan upaya pencegahan seperti yang sudah disebutkan di atas dan pastikan untuk menyimpan data finansial anda di tempat yang aman.

Untuk menyimpan data finansial dengan lebih aman, anda bisa menggunakan buku asli atau menggunakan kertas lalu disimpan di tempat yang tepat. Hindari mencatat password dan akun anda di ponsel untuk menghindari penelusuran data menggunakan virus seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
 

Tambahan : Hindari Voice Phishing

 
Voice phishing adalah salah satu cara yang mirip dengan penggunaan website untuk melakukan pencurian identitas dan data. Bedanya, voice phishing merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan telepon secara langsung. Cara pencurian data ini dilakukan dengan cara menghubungi anda dengan telepon. Pihak yang menghubungi anda akan mengaku sebagai pihak perbankan dan meminta detail akun anda untuk digunakan melakukan transaksi dengan nama anda.

Akan tetapi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara ini sudah sangat jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena penggunaan cara ini sangat mudah dideteksi. Akan tetapi kami memberikan informasi ini untuk memberikan informasi yang lengkap sehingga nanti anda akan lebih berhati-hati ketika mendapatkan telepon penipuan seperti ini.
 

Kesimpulan 

 
Internet adalah sebuah teknologi yang sangat menguntungkan dan memudahkan. Akan tetapi teknologi ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab guna kepentingan mereka sendiri. Hal ini akan lebih sering terjadi pada orang-orang yang tidak banyak memiliki pengetahuan mengenai teknologi.

Diharapkan bagi anda yang sudah membaca artikel ini akan menjadi orang yang lebih teliti dan berhati-hati saat menggunakan teknologi internet. Penggunaan teknologi internet dengan cara yang lebih teliti dan berhati-hati ini akan membuat hidup anda menjadi lebih aman dan lebih nyaman.

Demikian adalah tips and triks mengenai cara untuk menghindari pencurian identitas yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan menambah rasa peduli anda terhadap penggunaan internet yang lebih hati-hati dan teliti.
 
 

Bagaimana caranya membuat password yang kuat?

• Gunakan campuran huruf dan angka Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat password yang kuat adalah dengan membuat password dari campuran komponen yang kompleks, anda bisa menggunakan angka, huruf besar, huruf kecil dan juga menggunakan simbol. Penggunaan campuran komponen yang banyak akan membuat password anda makin sulit untuk ditembus. Dengan membuat password dengan campuran komponen seperti ini artinya anda juga tidak boleh menggunakan kata-kata yang mudah diprediksi seperti nama anda, dan kata-kata populer, seperti password dan kata lainnya sebagai password. • Gunakan password yang panjang Salah satu cara untuk membuat password yang sulit untuk ditembus adalah membuat password yang sulit untuk dibobol adalah dengan membuat password yang panjang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika seorang pembobol berusaha untuk membuka akun anda, mereka akan mencoba membuat angka dan melakukan generate angka dan mencocokkannya. Makin panjang password yang anda gunakan, maka akan semakin panjang juga proses yang dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk menggagalkan proses pembobolan akun anda. • Gunakan two step authentication Berhubungan dengan aktivitas login yang anda lakukan, cara menghindari pencurian identitas ini juga bisa makin sulit untuk dilakukan jika anda menggunakan two step authentication. Saat ini sudah mulai banyak aplikasi dan website yang menetapkan penggunaan two step authentication untuk membantu mempersulit aktivitas login.

Apa yang dimaksud dari Voice phishing?

Voice phishing adalah salah satu cara yang mirip dengan penggunaan website untuk melakukan pencurian identitas dan data. Bedanya, voice phishing merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan telepon secara langsung. Cara pencurian data ini dilakukan dengan cara menghubungi anda dengan telepon. Pihak yang menghubungi anda akan mengaku sebagai pihak perbankan dan meminta detail akun anda untuk digunakan melakukan transaksi dengan nama anda. Akan tetapi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara ini sudah sangat jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena penggunaan cara ini sangat mudah dideteksi. Akan tetapi kami memberikan informasi ini untuk memberikan informasi yang lengkap sehingga nanti anda akan lebih berhati-hati ketika mendapatkan telepon penipuan seperti ini.

Apa yang dimaksud Two step authentication?

Two step authentication merupakan sebuah cara yang digunakan oleh perusahaan untuk melindungi konsumennya. Step ini dilakukan dengan memasukkan password terlebih dahulu. Setelah password yang dimasukkan benar, anda akan diminta memasukkan kode unik yang dikirimkan oleh sistem ke ponsel anda. Sistem ini merupakan sistem terbaru yang memperbolehkan anda melakukan login hanya jika memiliki ponsel yang sudah anda daftarkan dan juga memiliki password yang benar. Sayangnya perlindungan ini hanya bisa anda dapatkan jika anda mengaktifkan fitur ini pada sistem setting yang anda miliki.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments