Take a fresh look at your lifestyle.

13 Pakar SEO Terbaik Dunia (Terbaru 2020)

0 0

Apakah Anda ingin belajar SEO atau menggunakan jasa SEO profesional untuk bisnis Anda?

Maka Anda harus belajar atau bekerja sama dengan Pakar SEO terbaik di dunia.

Kenapa?

Seperti banyak bidang lain, jika Anda tidak belajar atau menggunakan jasa yang terbaik, maka hasilnya pasti belum cukup baik.

Jika Anda ingin meledakkan trafik website Anda secara organik melalui Google, maka yang terbaik jelas dengan bantuan master SEO.

Tapi siapakah master SEO tersebut? Apa buktinya bahwa ia merupakan ahli SEO terbaik di dunia?

Memang tidak sedikit yang mengaku-ngaku sebagai pakar seo hanya sekadar untuk branding, tapi tidak memiliki pengalaman alias bukan praktisi SEO.

Master SEO asli tidak hanya sekadar berpengalaman menjadi pembicara internet marketing, tapi juga praktisi ahli dan SEO specialist.

Ia perlu memiliki portofolio SEO seperti ranking halaman 1 Google untuk keyword tertentu, DA/PA (Domain/Page Authority) / Trust Flow / Domain Rating / Score yang tinggi, dan sebagainya.

Dalam daftar pakar SEO berikut, setiap master SEO harus memiliki 3 indikator berikut.

  1. Portfolio website yang sudah dioptimasi dengan baik (dan bisa dicek dengan tool website analysis).
  2. Melayani klien lain secara internasional atau multinasional.
  3. Memiliki publikasi mengenai pemikiran dan pengalamannya di dunia SEO, baik berupa blog maupun berbicara di forum-forum SEO

 

Daftar 13 Pakar SEO Terbaik Dunia

Berikut ini adalah daftar 13 pakar SEO terbaik dunia yang sebaiknya Anda ikuti untuk belajar dan mendapatkan insight tentang dunia SEO.

1. Neil Patel, Owner Ubersuggest

Saat ini, bisa dikatakan tidak ada orang yang terjun dalam dunia SEO yang tidak pernah mendengar tentang Neil Patel.

Pendiri Neilpatel.com ini merupakan seorang praktisi SEO yang berpengalaman menangani berbagai klien penting tingkat dunia.

Mulai dari Amazon, TechCrunch, NBC, hingga GM termasuk klien yang merasakan manisnya kerja sama dengannya.

Wartawan - Neilpatel
Neilpatel.com

 

Websitenya sendiri, Neilpatel.com memiliki nilai DA > 80 dengan total kunjungan mencapai hampir 9 juta per bulan.

Wartawan - Neilpatel.com Visitor
Neilpatel.com Visitor

Neil sudah berkali-kali diundang sebagai pembicara utama dalam event SEO tingkat dunia. Baik yang diselenggarakan oleh para praktisi SEO dalam event annual summit, maupun yang secara langsung diselenggarakan oleh Google.

Ia juga banyak membagikan insight dan pengalamannya dalam SEO melalui newsletter dan channel youtube-nya.

Neil seringkali memberikan solusi terhadap permasalahan banyak praktisi SEO pemula. Mulai dari tak adanya trafik, konten yang sedikit, anggaran yang kecil, hingga konversi yang minim.

Karena itu, solusinya sangat praktis diterapkan. Terutama untuk para praktisi SEO pemula dan pemilik UKM yang baru menggunakan internet marketing.

Bahkan, ia menyediakan tool SEO-nya, Ubersuggest, untuk digunakan secara gratis hingga batasan tertentu.

Tak ayal, popularitasnya sebagai SEO expert tingkat dunia selalu meningkat dan tak menunjukkan tanda-tanda akan turun.

Apalagi ia masih aktif membagikan pemikiran dan pengalamannya secara konsisten di berbagai tempat, baik online maupun offline.

 

2. Brian Dean, Founder Backlinko.com

Bagi para praktisi dan pembelajar SEO, nama Brian Dean tentu tidak asing lagi. Websitenya, Backlinko.com, memiliki nilai DA > 60 dengan 26K backlink berdasarkan pengecekan MOZ.

Ia juga berhasil menaikkan rank websitenya pada search engine di lebih dari 79K keyword/kata kunci. Hebat, bukan?

Wartawan.id - Backlinko - Brian Dean
Backlinko.com

Yang lebih hebat, Brian tidak keberatan untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya tentang bagaimana cara menempati halaman 1 Google.

Jika Anda mengunjungi websitenya, Anda akan mendapati banyak sekali tips, masukan, dan saran yang dapat membantu Anda menempati Google Page One.

Brian berhasil memberikan solusi bagi banyak para pembelajar SEO pemula, yaitu: trafik yang minim, banyaknya teknik SEO, dan algoritma Google yang rumit dipahami.

Enaknya, semua itu ia sajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dalam langkah-langkah yang dapat diikuti.

Meski pemula?

Ya, bahkan jika Anda seorang yang baru seumur hari berkenalan dengan SEO.

Tak salah jika subscriber newsletter mingguannya mencapai lebih dari 110 ribu dan pengunjung bulannya mencapai lebih dari 1 juta.

Dan untuk itu, ia layak menempati salah satu dari 13 ahli SEO terbaik di dunia.

Yang menarik adalah, Brian juga pernah mengalami masa-masa sulit di bidang ini.

Yaitu ketika Google pertama kali meluncurkan fitur Google Panda yang menenggelamkan banyak website, terutama yang dioptimasi dengan teknik blackhat SEO.

Namun, ia berhasil bangkit dan membuktikannya dengan teknik white hat SEO kembali menempatkannya dalam daftar pakar SEO terbaik dunia.

 

3. Danny Sullivan, Founder Search Engine Land

Anda mungkin tidak menyangka ini.

Jauh sebelum Google berdiri di 1998, Danny Sullivan bahkan telah menulis artikel tentang mesin pencari pada 1996.

Ya, ia memang seorang jurnalis dan analis yang cukup lama menulis tentang dunia digital.

Bersama Chris Sherman, ia mendirikan SearchEngineLand.com yang menjadi rujukan banyak para master SEO.

Danny Sullivan - Public Liaison for Search - Google - LinkedIn (1)
Sumber : LinkedIn – Danny Sullivan – Public Liaison for Search – Google

Bahkan, beberapa master SEO terbaik dunia seperti Barry Schwartz juga menjadi author di situs ini.

Berdasarkan pengukuran dari Ahrefs, DR websitenya mencapai 91 dari skala tertinggi 100.

Ahrefs - searchengineland.com
Ahrefs – searchengineland.com

Selain itu, ia juga menggagas SMX (Search Marketing Expo) dan MarTech, yang menjadi ajang berbagi ilmu para ahli SEO terkemuka dunia.

Sayangnya, Danny Sullivan mengajukan pensiun dari Third Media sebagai penulis aktif. Tapi pemikiran-pemikirannya tetap menjadi rujukan bagi para master SEO saat ini.

Hingga saat ini, Danny Sullivan tetap diingat sebagai seorang maha guru SEO yang banyak mempengaruhi wajah dari industri SEO saat ini.

 

4. Barry Schwartz, Founder SEroundtable.com

Barry merupakan salah satu pakar SEO terbaik di dunia dengan pengalaman lebih dari 17 tahun di bidang ini.

Ia merupakan pendiri dan editor di Search Engine Roundtable, tempat berkumpulnya orang berdiskusi tentang teknik SEO terbaru.

SERoundtable.com sendiri muncul dari sebuah visi Barry tentang sebuah meja dimana orang dapat berdiskusi secara bebas dan bertukar pikiran mengenai SEO.

Martin Splitt Google and Barry Schwartz CEO, RustyBrick
Source : https://www.seroundtable.com/seo-mythbusting-seo-community-vs-google-30164.html

Pemikiran barry banyak menjadi rujukan dari ahli-ahli SEO di berbagai belahan dunia. Ia banyak menjawab mitos dan fakta seputar optimisasi mesin pencari yang sering disalahpahami, khususnya oleh praktisi SEO pemula.

Jadi, kapanpun Anda ragu mengenai suatu teknik SEO berpengaruh atau tidak, artikelnya dapat menjadi rujukan tentang itu.

Barry juga sekaligus owner dan CEO Rustybricks.com, sebuah firma penyedia software dan jasa konsultasi website dan digital marketing terkemuka di AS.

Dengan pengetahuan dan pengalamannya yang luas, ia layak disebut sebagai salah satu best SEO guru in the world saat ini.

 

5. Rand Fishkin, CEO Moz

Posisi Rand Fishkin dalam dunia SEO seperti Neil Patel, merupakan salah satu expert dan leader di bidang ini.

Kepakaran Rand dalam dunia SEO membuat ia dianggap sebagai salah seorang guru SEO yang terbaik.

Meski begitu, Rand tidak mempekerjakan dirinya untuk klien lain. Ia justru mendedikasikan dirinya untuk mengajarkan tentang seni SEO kepada orang lain.

Selain itu, Rand juga memfasilitasi siapapun untuk menggunakan teknik SEO. Yaitu melalui satu tools SEO paling berpengaruh dan diandalkan saat ini, yaitu Moz.com.

Rand-Fishkin
Rand Fishkin Sumber : https://instapage.com/podcast/rand-fishkin-founder-moz-ethics-public-policy-future-seo

Moz merupakan salah satu tools All in One SEO yang memiliki fasilitas terbaik.

Fasilitas gratis yang ditawarkan sudah sangat baik meliputi riset keyword, domain analysis, dan lain-lain.

Hanya saja Moz membatasi kuota harian hanya untuk 10 query. Jika Anda ingin lebih, Anda dapat memilih salah satu paket yang ditawarkan.

Jangan khawatir karena toolsnya sangat efektif dengan fungsi dan manfaat yang sangat besar untuk website dan bisnis Anda.

Bahkan, Moz juga memberikan kursus SEO gratis untuk meningkatkan pemahaman Anda mengenai SEO dan penerapannya dalam bisnis. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan penggunaan tools yang telah mereka sediakan.

 

6. William Craig, Founder and President of WebpageFX

William Craig adalah pendiri dan presiden WebpageFX, sebuah perusahaan pemasaran internet yang terdaftar sebagai salah satu dari 5.000 perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di majalah Inc. dan diperingkat sebagai tempat terbaik untuk bekerja di Pennsylvania, di antara perusahaan kecil dan menengah, oleh Central Penn Business Jurnal dan Departemen Pengembangan Komunitas dan Bisnis Pennsylvania.

William-Craig-Web-FX
William Craig Web FX Sumber : https://www.webfx.com/leadership.html

Mengambil dari 17 tahun pengalaman Craig dalam industri pemasaran internet, WebpageFX mengembangkan strategi online (manajemen media sosial, search engine optimization, dan digital public relations) untuk organisasi yang mencakup World Bank dan Verizon.

Craig menulis tentang pertemuan antara kesuksesan bisnis dan budaya perusahaan yang hebat. Karyanya telah muncul di Forbes, Fast Company, Entrepreneur and Majalah Fortune.

 

7. Nadav Dakner, Founder & CEO InboundJunction.com & Marketacross.com

Nadav Dakner merupakan praktisi SEO profesional asal Israel yang berhasil menempatkan diri sebagai salah satu pakar SEO terbaik dunia.

Startup yang didirikannya, InboundJunction.com telah berhasil bekerjasama menangani klien-klien besar seperti Moz, The Huffington Post, Forbes, dan lain-lain.

Nadav Dakner
Nadav Dakner

Jasa SEO organik miliknya terbukti mampu meningkatkan rating dan otoritas domain untuk jangka waktu yang panjang.

Tak hanya soal teknik SEO dengan tujuan utama page 1 Google, Nadav mendorong pendekatan bisnis secara menyeluruh.

Yang mana meliputi:

  1. Thought Leadership
  2. Online Reputation Management
  3. Influencer Marketing
  4. Blog Management
  5. Product Review
  6. Content Amplification
  7. Public Relation
  8. Link Building, dan
  9. Search Engine Optimization
inboundjunction.com-cover
Sumber : inboundjunction.com

Pendekatan ini menjadikan proyek SEO yang ditanganinya mencapai keberhasilan yang besar.

Nadav tak hanya menangani SEO klien. Seperti kebanyakan master SEO terkemuka lainnya, Nadav juga sering berbagi mengenai pengetahuan dan pengalamannya.

Namun, ia tidak membagikannya melalui blog pribadi atau blog perusahaannya. Melainkan melalui kanal portal digital marketing lain seperti Kissmetric, The Daily Egg, dan lain-lain.

 

8. Matthew Barby, Director of Acquisition dari Hubspot

Pemilik nama lengkap Matthew Howles Barby ini merupakan salah satu pakar SEO terbaik dunia yang mengambil jalur profesional.

Ia tidak membangun bisnis pribadi, tapi bekerja sebagai Director of Acquisition di Hubspot (sebelumnya menjabat sebagai Head of Growth & SEO).

Hubspot sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa layanan CRM Customer Relationship Management) dan marketing terkemuka, yang kini juga menawarkan jasa CMS (Content Management System).

Meski begitu, Matthew masih bersedia membagikan strategi dan pengalamannya melalui blog pribadinya.

Di blog pribadinya tersebut, Matthew kerap membagikan pengetahuan tentang berbagai macam topic.

Diantaranya meliputi sosial media, growth, email marketing, conversion optimization, google ++, hingga teknis blogging.

Jika Anda tertarik memahami strategi marketing online secara bertahap dan komprehensif, Anda dapat berkunjung ke blognya.

 

9. Loren Baker, Founder Search Engine Journal

Sebagai founder dari SearchEngineJournal.com, tak ada yang meragukan kepakaran dari seorang Loren Baker.

Loren-Baker-SEJ
Loren Baker Sumber : https://www.searchenginejournal.com/author/lorenbaker/

Websitenya selalu menyajikan update info terbaru mengenai mesin pencari dan studi kasus yang relevan untuk diterapkan dalam bisnis.

Dengan pengalamannya menjalankan agensi marketing digital, Foundation Digital, ia tak hanya sekadar berteori, tapi merupakan praktisi ahli SEO.

Ia juga merangkap sebagai seorang penasihat utama dari Alpha Brand Media, membuatnya sangat memahami pentingnya SEO bagi branding bisnis.

Tak hanya merupakan pakar SEO, ia juga bekerjasama dengan perusahaan ternama seperti SONY Pictures, AirBnB, dan lain-lain. Yaitu untuk mengembangkan strategi digital, serta produksi dan pengembangan konten.

Loren banyak mempromosikan teknik-teknik white hat SEO dengan tak hanya membangun link dan berfokus pada kata kunci. Tetapi juga mendorong untuk membangun merek bisnis yang melekat kuat di benak pelanggan di dunia maya.

 

10. Tessar Napitupulu, Founder Arfadia

Masih sedikit orang Indonesia yang patut didapuk sebagai pakar SEO terbaik dunia, dan Tessar Napitupulu adalah orang yang tepat untuk itu.

Founder Arfadia ini telah melayani klien dari berbagai lapisan. Mulai dari UMKM, lembaga negara, hingga organisasi dan perusahaan multinasional.

Tessar Napitupulu - Pakar SEO Digital Marketing
Sumber : Arfadia.com – Tessar Napitupulu

Semua teknik yang diterapkannya merupakan white hat SEO yang sangat aman dan jauh dari spamming serta risiko banned oleh mesin pencari.

Hal ini karena ia menerapkan The New Generation SEO, sebuah teknik All in One SEO. Serupa dengan yang diterapkan oleh Matthew Barry dari Hubspot, Nadav Dakner dari Inbound Junction, dan para pakar SEO terbaik dunia lainnya.

Arfadia tidak seperti banyak agensi SEO lain di Indonesia yang hanya melakukan link building dan memberikan report dalam bentuk daftar tautan. Ia melakukan optimasi secara jelas, sistematis, dan terukur.

Hasilnya tampak secara signifikan dalam peningkatan nilai otoritas domain, rating, dan tingkat kepercayaan publik internet.

Peningkatan nilai ini membuat apapun yang Anda posting nantinya akan mudah terindeks dan masuk halaman 1 Google SERP. Tentu ini merupakan investasi jangka panjang yang luar biasa bagi bisnis Anda.

Dan ini bukan hanya sekadar teori, tapi sudah dipraktikkan dengan hasil yang memuaskan oleh beliau.

Hal ini dibuktikan meski dengan situs website yang tidak memiliki terlalu banyak konten, Arfadia.com tetap memiliki domain rating > 65. Setingkat lebih tinggi di atas Backlinko.com yang didirikan oleh Brian Dean.

Pencapaian ini didapat dengan menerapkan lebih dari 53++ langkah optimasi yang semuanya dilakukan secara jelas dan terukur.

Jadi jika Anda mencari jasa seo terbaik dengan pengalaman dan portofolio terbukti, Arfadia adalah partner yang tepat untuk Anda.

Apalagi dengan lengkapnya laporan yang disediakan untuk Anda, sehingga Anda tahu dimana dan kemana bisnis Anda sedang menuju.

 

11. Larry Kim, Founder Wordstream

Larry Kim mendirikan Wordstream.com sejak 2007. Dan ia tak pernah mengira bahwa start up yang didirikannya akan menjadi salah satu partner terbesar Google dalam bidang iklan.

Tak hanya Google, Facebook, Bing, dan banyak penyedia layanan advertising online lainnya yang bekerja sama dengannya.

Kepakaran Larry Kim dalam bidang SEO tak dapat dipungkiri. Kepiawaiannya telah berhasil membawa Wordstream.com menempati nilai DR > 90.

Ini adalah pencapaian yang umumnya hanya dapat diraih oleh mesin pencari, media sosial, atau situs berita ternama nasional dan internasional.

Tak puas dengan itu, Larry mendirikan sebuah startup baru pada 2017, yaitu Mobile Monkey yang menyediakan layanan berbeda.

Sebagai seorang master SEO yang sudah diakui dunia, Larry banyak membagikan pengetahuan dan pengalamannya di berbagai platform.

Ia merupakan author di SearchEngineLand dam kontributor di SEMRush. Bahkan ia pernah didapuk sebagai Orang Paling Berpengaruh di dunia PPC selama 4 kali.

Hingga kini, Larry masih sering berbagi ilmu melalui blog, atau menjadi pembicara event-event digital marketing tingkat internasional.

 

12. Richard Baxter, Founder Builtvisible

Richard Baxter tidak sekadar guru SEO, tapi juga praktisi dan penyedia jasa SEO profesional.

Ia mendirikan Builtvisible.com sejak 2009 dan kini merupakan perusahaan yang melayani klien dari seluruh penjuru dunia.

Layanan yang diberikan tak hanya optimasi SEO, tapi juga manajemen konten, digital public relations, dan data analysis.

Richard selalu percaya bahwa SEO adalah sesuatu hal yang sangat dinamis, karena itu para pelakunya juga dituntut untuk terus bergerak.

Namun, ia juga percaya bahwa SEO bukan sesuatu yang hanya dapat oleh mereka yang memiliki anggaran besar.

Karena itu ia juga banyak mendorong para pemilik bisnis dan organisasi untuk mempercepat pertumbuhan di awal dengan strategi konten marketing.

Saat ini Richard tak lagi memegang posisi eksekutif dalam Builtvisible. Meski begitu, ia masih kerap membagikan pengetahuan dan pengalamannya dengan menjadi pembicara di forum-forum online startup meeting.

 

13. Bill Slawski, Founder Go Fish Digital

Jika ada yang layak dianggap sebagai “The Professor” atau maha guru SEO, maka ia adalah Bill Slawski.

Di saat orang belum mengenal apa itu internet, ia sudah membuat website di tahun 1990. Bahkan jauh sebelum Google muncul di tahun 1998.

Bill Slawski, Founder Go Fish Digital
Bill Slawski, Founder Go Fish Digital Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Tqb2sAxjuh4

Berbeda dengan kebanyakan ahli SEO yang bersikap reaktif terhadap kemauan mesin pencari. Bill Slawski adalah seorang peneliti yang proaktif melakukan riset terhadap SEO.

Ia meneliti, mengumpulkan riset, menganalisa, dan memprediksi seperti apa trend SEO yang akan terjadi. Kemudian ia memperkirakan apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat hal tersebut memberikan keuntungan.

Dan semua hasil risetnya bukan sekadar teori yang jauh dari kenyataan. Ia sudah mempraktikkannya melalui jasa seo expert dan agensi digital marketing yang ia dirikan, Go Fish Digital.

Kliennya sangat banyak dan sebagian besar termasuk perusahaan kelas atas tingkat dunia. Seperti: AirBnB, Ford, Hyatt, Symantec, Monster, dan lain-lain.

Bill Slawski tak pelit ilmu, ia dengan konsisten membagikan hasil penelitian dan prediksinya mengenai SEO di blognya, SEOByTheSea.com. Dimana ia mengajak pembacanya untuk langsung belajar SEO dari mesin pencari itu sendiri.

Anda dapat menyadap pemikiran-pemikiran terbaiknya mengenai SEO dengan melakukan subscribe di newsfeed blognya tersebut.

 

Penutup

Memang merupakan hal yang cukup sulit untuk memilih yang terbaik dari yang terbaik. Anda mungkin memiliki daftar yang berbeda dari yang ada di sini, tapi nama-nama master SEO di atas tidak diragukan lagi kapasitasnya.

Seperti industri apapun, semakin lama Anda berada di dalamnya, semakin banyak yang Anda pahami dan kuasai. Dan untuk bidang SEO, 13 pakar SEO terbaik dunia di atas adalah orang yang telah banyak memahami seluk beluk industri ini.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments