Take a fresh look at your lifestyle.

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

0 11

Tips bisnis pemula bisa kita pelajari terlebih dahulu jika kita memang ingin terjun dalam dunia bisnis. Saat ini kita memang dituntut untuk lebih kreatif dan menggunakan waktu kita sebaik-baiknya untuk mendapatkan penghasilan. Banyak pengusaha dengan usia muda yang mulai tekun menekuni bisnis dalam berbagai bidang misalnya bidang makanan dan bidang lainnya. Memulai sebuah bisnis memang tidak mudah. Banyak hambatan yang akan kita temukan. Salah satu hambatan besar yang biasanya muncul ketika kita ingin memulai bisnis adalah modal. Sebagian besar bisnis memang membutuhkan modal. Modal yang kita butuhkan untuk memulai bisnis mulai dari modal yang kecil, menengah dan juga besar. Saat ini banyak Lembaga keuangan yang juga menawarkan bantuan modal kini bisa ditemukan dengan mudah. Mereka umumnya juga memberikan cara dan syarat yang mudah untuk mendapatkan bantuan modal terutama bagi pebisnis dengan skala kecil. Walaupun kita mudah mendapatkan bantuan modal, ada baiknya anda mempertimbangkan lagi untuk memulai bisnis dengan modal pinjaman karena anda mungkin akan kesulitan untuk mengembalikan jika bisnis anda belum berjalan dengan baik. Pada awal mulainya bisnis, kita tentu masih harus meraba-raba dan juga belajar tentang banyak hal. Ada banyak kesalahan yang akan kita hadapi dan mungkin kita juga akan mendapatkan banyak kerugian di awal mula kita menjalankan bisnis. Bagi anda semua yang ingin berhasil dalam bisnis, anda perlu mencari banyak pengetahuan tentang bisnis anda. Anda bisa mendapatkan beberapa tips bisnis sukses dibawah ini yang mungkin akan membantu anda untuk lebih percaya diri ketika menjalankan bisnis dan menghindari berbagai kesalahan di awal mula menjalankan bisnis anda.

1. Pelajari Pasar Bisnis Anda

 

Pelajari Pasar Bisnis Anda
Photo by Austin Distel on Unsplash

Hal pertama yang harus anda ketahui ketika anda menjalankan bisnis untuk pertama kali adalah menemukan masalah yang dihadapi pasar atau mengenali pasar bisnis anda terlebih dahulu. Ketika menawarkan produk dan servis kita tentu perlu mempunyai pasar. Produk sendiri adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Sebaiknya anda memilih menjalankan bisnis dengan menjual produk yang diperlukan oleh pasar. Anda mempunyai potensi yang besar untuk mendapatkan pasar jika anda memilih menjual produk dengan permintaan pasar yang cukup tinggi, kemungkinan besar anda akan berhasil menarik perhatian pasar dan mendapatkan pasar. Menurut penelitian 42 persen perusahaan bangkrut karena mereka gagal dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar ketika menjalankan bisnis.

2. Lakukan Riset Pasar

 

Lakukan Riset Pasar
Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Setelah anda mengidentifikasi kebutuhan pasar dan mengetahui produk yang sebaiknya anda jual ketika anda memulai bisnis, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Anda tidak bisa memulai sebuah bisnis hanya berdasarkan asumsi pribadi anda. Anda perlu sekali mengumpulkan data objektif yang akan menjadi landasan bisnis anda yang kuat. Dengan data-data yang anda dapatkan di pasar maka anda akan bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis anda tersebut. Riset sendiri bisa dilakukan dengan riset keyword di mesin pencari, cek trend di media sosial tentang bisnis yang sedang menarik perhatian banyak orang, bergabung di forum dan lain sebagainya.

3. Menganalisa Pesaing Bisnis 

 

Menganalisa Pesaing Bisnis 
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Dalam sebuah bisnis tentu kita tidak bisa memungkiri bahwa ada pesaing dalam bisnis kita. Kita perlu menganalisa kompetitor atau pesaing bisnis kita terlebih dahulu. Apa yang perlu anda ketahui? Anda perlu mengetahui bagaimana mereka mendekati konsumen, kekurangan mereka dan lain sebagainya. Anda bisa mengelompokkan pesaing anda menurut kategorinya seperti kompetitor utama, kompetitor sekunder dan juga kompetitor tersier. Anda bisa mempelajari tentang pesaing anda dengan sangat mudah apabila anda melihat ke website mereka. Anda bisa mengetahui informasi detail tentang semua yang mereka tawarkan.

4. Cari Model Bisnis yang Tepat

Hal selanjutnya yang perlu anda ketahui ketika menjalankan bisnis untuk pemula adalah mencari model bisnis yang tepat. Anda mungkin menjual atau menawarkan produk yang sama dengan pebisnis lainnya namun model bisnis yang anda perlukan haruslah berbeda. Anda perlu lebih kreatif ketika menentukan model bisnis. Anda yang mempunyai modal yang besar tentu saja bisa membeli terlebih dahulu, menyetok barang dan kemudian menjualnya. Pebisnis lainnya mungkin saja hanya menawarkan produk terlebih dahulu dan memesankan produk ketika ada pesanan dari pelanggan.

5. Luruskan Mindset Bisnis yang Tepat

 

5 Peran Profesional Berkarir di Dunia Pendidikan
Photo by Hunters Race on Unsplash

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha muda anda perlu meluruskan pikiran anda terlebih dahulu. Pengusaha adalah seorang yang harus menghadapi kerugian dalam bisnis mereka. Hal ini tentu berbeda dengan seorang karyawan yang hanya bekerja untuk sebuah perusahaan. Ada kerugian yang harus anda sadari dan anda harus berani dalam menghadapi serta sebisa mungkin anda tahu bagaimana cara menghindari kerugian besar dalam bisnis anda tersebut. Anda sebaiknya total dalam berbisnis karena modal dan waktu anda dipertaruhkan dalam bisnis anda tersebut.

6. Mulai Membuat Website

 

Mulai Membuat Website
Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Di era modern ini kita bisa menghemat tenaga, modal dan juga waktu dengan cara menawarkan bisnis melalui online. Hal ini sendiri tidak bisa dipungkiri telah banyak dilakukan oleh banyak pebisnis. Di jaman serba digital semua orang mempunyai website atau toko online yang memudahkan pelanggan membeli semua produk yang ditawarkan tanpa harus keluar dari rumah mereka. Mereka tentu akan lebih mudah bertransaksi karena mereka bisa membeli dari mana saja dan tinggal klik layer smartphone mereka untuk mendapatkan semua produk yang mereka butuhkan. Bisnis anda juga haruslah didukung dengan adanya website atau toko online yang baik. Kini banyak orang yang menawarkan jasa membuat website yang baik sehingga akan memberikan dampak positif untuk bisnis anda dan keuntungan yang anda dapatkan. Bagi anda yang tidak bisa membuat website sendiri, anda tidak perlu memaksakan diri untuk membuat website anda sendiri. Anda hanya perlu memesan website dari mereka yang ahli sehingga website yang anda punyai tersebut benar-benar efektif.

7. Pasarkan Produk dengan Cara yang Tepat

 

Produk dan Layanan Semakin Dikenal
Photo by Igor Miske on Unsplash

Dalam berbisnis anda perlu tahu bagaimana strategi memasarkan produk dengan strategi yang tepat. Di era yang serba modern ini pemasaran secara online harus digunakan. Anda perlu mengetahui strategi apa yang anda perlukan untuk memasarkan bisnis online. Ada beberapa strategi pemasaran bisnis online yang bisa anda terapkan misalnya:

  • Gunakan Google Bisnisku

Anda bisa mendaftarkan bisnis online anda di Google Bisnisku. Ini adalah fitur untuk pemilik bisnis yang bisa digunakan untuk mempermudah calon konsumen untuk mendapatkan segala informasi mengenai bisnis. Ini akan membuat pelanggan anda mudah menemukan apa yang anda tawarkan dan mereka juga akan dengan mudah mencari kontak untuk menghubungi anda.

  • Optimasi SEO

Anda bisa melakukan optimasi SEO dengan memaksimalkan media sosial yang anda punyai. Anda bisa menyusun strategi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari media sosial yang anda punyai tersebut. Anda juga harus mengetahui beberapa hal misalnya pelanggan setia anda.

8. Pelanggan Setia

 

Pelanggan Setia
Photo by Charisse Kenion on Unsplash

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah tetap mempertahankan siapa saja yang menjadi pelanggan setia anda. Anda memang harus menargetkan untuk selalu mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis dan produk anda namun anda perlu mengetahui juga bagaimana cara tetap mempertahankan pelanggan supaya mereka tetap mau membeli produk di tempat anda. Anda bisa merawat pelanggan setiap anda dengan berbagai cara menarik misalnya saja memberikan diskon atau harga berbeda bagi mereka yang selalu membeli produk dari anda. Anda juga bisa menerapkan strategi lainnya. Merawat pelanggan setia anda juga membutuhkan modal yang lebih kecil dibandingkan mempromosikan bisnis anda pada orang-orang baru. Anda juga bisa memanfaatkan pelanggan lama anda untuk menarik pelanggan baru. Karena pentingnya pelanggan anda tersebut anda benar-benar harus memberikan perhatian yang istimewa bagi mereka.

9. Mencari Mentor yang Baik

 

Mencari Mentor yang Baik
Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Seperti yang kita ketahui, berbisnis adalah mengembangkan apa yang kita ketahui. Anda perlu merasa kurang pengetahuan untuk mendapatkan banyak pengetahuan baru. Oleh sebab itu anda perlu banyak membaca, mengetahui hal-hal baru dari segala macam media dan anda juga perlu belajar banyak dari pebisnis yang sudah sukses terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan banyak ilmu dari mereka dan anda bisa menerapkan tips sukses yang telah mereka lakukan terhadap bisnis mereka. Anda bisa menambah kolega dan juga partner bisnis anda dengan berteman dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka yang telah sukses dalam berbisnis. Mereka juga tidak segan membagikan segala pengalaman baik dan buruk ketika menjalankan sebuah bisnis yang tentunya semakin membuat anda semangat dalam mengembangkan bisnis yang anda miliki.

10. Jangan Mudah Menyerah

 

Jangan Menyerah
Photo by bruce mars on Unsplash

Pemula dalam segala hal tentu akan mendapati banyak masalah, jatuh bangun dalam bisnis adalah sebuah hal yang biasa terjadi dan sebaiknya anda mengerti hal tersebut. Jika anda ingin berhasil dalam sebuah bisnis, anda perlu lebih banyak berkumpul dengan orang-orang yang memberikan dampak yang lebih positif ketimbang mereka yang hanya memberikan efek negatif dalam kehidupan bisnis anda. Anda juga perlu tidak gampang menyerah dalam sebuah bisnis. Tidak ada salahnya anda mau mencoba lagi dan lagi untuk mengembangkan bisnis anda sehingga anda akan semakin kokoh menjadi seorang pengusaha dan pebisnis. Anda tidak boleh menyerah terhadap keadaan. Yang perlu anda lakukan adalah mencari strategi lainnya ketika strategi yang anda lakukan saat ini tidak banyak memberikan hasil. Banyak sekali artikel bisnis dan buku-buku yang bisa anda baca untuk memberikan lebih banyak motivasi dan juga semangat dalam menjalankan bisnis anda tersebut.

Strategi yang sudah dituliskan tersebut akan lebih mudah untuk dijalankan apabila anda mengetahui juga apa saja peluang bisnis yang cocok untuk anda yang baru saja merintis sebuah bisnis. Peluang yang tepat dan eksekusi yang tepat juga akan membuahkan hasil yang jauh lebih maksimal. Lalu apa saja peluang bisnis yang sebaiknya anda pilih?

  • Membuka Warung

Anda bisa menjual berbagai kebutuhan yang diperlukan banyak orang misalnya saja beras, gula, makanan, minyak dan lain sebagainya. Anda juga bisa menawarkan lewat media sosial anda.

  • Jual Pulsa

Hampir semua orang membutuhkan pulsa untuk smartphone mereka. Oleh sebab itu bisnis menjual pulsa akan sangat diperlukan.

  • Bisnis Camilan

Semua orang juga membutuhkan makanan ringan atau camilan. Anda juga bisa memilih bisnis ini karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang sangat besar.

  • Usaha Laundry

Usaha laundry ini juga kini banyak diperlukan karena hampir semua orang sibuk dengan kegiatannya dan mereka enggan mencuci baju mereka sendiri.

Kini anda bisa memulai bisnis dengan memilih bisnis yang tepat dan gunakan strategi atau tips memulai sebuah bisnis yang tepat untuk anda para pebisnis baru.

Sebutkan 10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula!

1. Pelajari Pasar Bisnis Anda 2. Lakukan Riset Pasar 3. Menganalisa Pesaing Bisnis 4. Cari Model Bisnis yang Tepat 5. Luruskan Mindset Bisnis yang Tepat 6. Mulai Membuat Website 7. Pasarkan Produk dengan Cara yang Tepat 8. Pelanggan Setia 9. Mencari Mentor yang Baik 10. Jangan Mudah Menyerah

Dalam memulai berbisnis, disampaikan mencari mentor yang Baik. Apa yang dimaksud?

Seperti yang kita ketahui, berbisnis adalah mengembangkan apa yang kita ketahui. Anda perlu merasa kurang pengetahuan untuk mendapatkan banyak pengetahuan baru. Oleh sebab itu anda perlu banyak membaca, mengetahui hal-hal baru dari segala macam media dan anda juga perlu belajar banyak dari pebisnis yang sudah sukses terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan banyak ilmu dari mereka dan anda bisa menerapkan tips sukses yang telah mereka lakukan terhadap bisnis mereka. Anda bisa menambah kolega dan juga partner bisnis anda dengan berteman dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka yang telah sukses dalam berbisnis. Mereka juga tidak segan membagikan segala pengalaman baik dan buruk ketika menjalankan sebuah bisnis yang tentunya semakin membuat anda semangat dalam mengembangkan bisnis yang anda miliki.

Apa yang dimaksud Luruskan Mindset Bisnis yang Tepat?

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha muda anda perlu meluruskan pikiran anda terlebih dahulu. Pengusaha adalah seorang yang harus menghadapi kerugian dalam bisnis mereka. Hal ini tentu berbeda dengan seorang karyawan yang hanya bekerja untuk sebuah perusahaan. Ada kerugian yang harus anda sadari dan anda harus berani dalam menghadapi serta sebisa mungkin anda tahu bagaimana cara menghindari kerugian besar dalam bisnis anda tersebut. Anda sebaiknya total dalam berbisnis karena modal dan waktu anda dipertaruhkan dalam bisnis anda tersebut.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments